Perbedaan Serum dan Plasma

Plasma dan serum adalah dua istilah yang sering yang digunakan. Plasma dan serum merupakan komponen darah dan secara rutin digunakan untuk pengujian darah. Berikut ini adalah poin-poin penting yang dapat membantu dalam memahami perbedaan antara plasma dan serum.

Plasma adalah cairan berwarna kuning muda yang didapat dengan cara memutar sejumlah darah yang sebelumnya ditambah dengan antikoagulan. Serum adalah cairan berwarna kuning muda yang didapat dengan cara memutar sejumlah darah yang dibiarkan membeku tanpa penambahan antikoagulan. Serum komposisinya hampir sama dengan plasma. Komponen plasma dan serum mirip karena keduanya mengandung hormon, glukosa, elektrolit, antibodi, antigen, nutrisi dan partikel tertentu lainnya kecuali faktor pembekuan yang hadir hanya dalam plasma. 

Jadi kita dapat mengatakan bahwa :

[Plasma - faktor pembekuan = Serum]


Serum tidak mengandung fibrinogen, tidak mengandung faktor pembekuan (faktor II, V dan VIII) dan mengandung serotonin tinggi karena adanya perusakan pada platelet

Ringkasan:

1. Plasma terdiri dari serum dan faktor pembekuan.
2. Serum adalah bagian dari darah yang kurang faktor pembekuan
3. Sulit untuk serum terpisah dibandingkan dengan plasma

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini!


(c) here

Ada dua cara mendapatkan atau memperoleh serum yaitu :

1. Serum yang disentrifugasi

Teknik pemisahan serum dengan sentrifugasi adalah setelah pengambilan darah vena, bagian darah tersebut dibiarkan membeku (± 15 menit) kemudian dipusingkan pada sentrifuge dengan kecepatan 2000-3000 rotasi permenit selama 15 menit, sesegera mungkin dipisahkan serumnya kemudian diperiksa kadar glukosa darahnya secara fotometrik (Riskawati, 2011)

2. Serum tanpa sentrifugasi

Teknik pemisahan serum tanpa sentrifugasi adalah setelah dilakukan pengambilan darah vena, darah dimasukan dalam tabung tanpa antikoagulan, kemudian darah dibiarkan membeku kurang lebih satu sampai dua jam hingga terbentuk serum. sesegera mungkin dipisahkan serumnya kemudian diperiksa kadar glukosa darahnya secara fotometrik.

”Serum harus segera dipisahkan dari bahan bekuan darah dalam sampel atau paling lambat 2 jam setelah pengambilan darah untuk menghindari perubahan-perubahan dari zat-zat yang terlarut di dalamnya oleh pengaruh hemolisis darah” (Hardjoeno, 2003)

Related Posts

3 comments

  1. Perbedaan utama antara plasma dan serum adalah bahwa plasma adalah bagian encer dari darah antikoagulan dan terdiri dari faktor pembekuan seperti fibrinogen sedangkan serum adalah plasma tanpa faktor pembekuan yaitu fibrinogen.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.