[VIDEO] Kami Ada Untuk Kalian!


Di luar negeri, setiap tahunnya ada perayaan atau hari besar khusus bagi Teknologi Laboratorium Medik untuk mempromosikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang peran profesi ini dalam pelayanan kesehatan. Contohnya seperti di Kanada. 

Since 1985, CSMLS (Canadian Society for Medical Laboratory Science) has sponsored a special week in April to promote awareness and understanding of the role of medical laboratory professionals in the health care system. CSMLS provides posters, brochures and other promotional material, in both official languages, free-of-charge to all members.

Tahun 2015, Indonesia baru memulai kegiatan serupa yang dinamakan Pekan Teknologi Laboratorium Medik yang diselenggarakan pada bulan April lalu. 


Pada Pekan TLM itu, banyak kegiatan yang dilakukan PATELKI untuk memberikan pemahaman (sosialisasi) lebih luas lagi kepada masyarakat tentang profesi TLM.  Semoga tahun depan lebih meriah lagi dan banyak hadiahnya. 


Nah, pada National Medical Laboratory Week 2015 di Kanada dengan tema 'We're Here For You' mereka membuat sebuah video pendek yang cukup menjelaskan tentang profesi TLM. 

Ceritanya berkisah tentang seorang ATLM perempuan yang datang ke rumah sakit pada jam 22:47 untuk bekerja (shift malam). Setelah berganti seragam+jas lab, dia segera masuk ke laboratorium yang biasanya menjadi area yang tertutup untuk pasien dan sebagian pekerja lainnya.

Setelah itu beberapa jam kemudian ada beberapa pasien yang tampak dalam video ditangani oleh perawat dan dokter. Sampel darah diambil oleh perawat dan sampel urin (setelah dikeluarkan oleh pasien) diserahkan kepada dokter. Nah, sampel-sampel ini kemudian dikirim ke laboratorium. ATLM perempuan tadi pun segera mengerjakan tugasnya menjalankan pemeriksaan terhadap sampel-sampel tadi. Sepanjang malam, dia hanya berada di laboratorium. Tidak pernah bersentuhan langsung dengan pasien.

Setelah sampel diperiksa, hasilnya pun diberikan kepada dokter untuk segera mengambil tindakan untuk pengobatan/perawatan. Mungkin pasien dan keluarga pasien tidak pernah menyangka bahwa yang memeriksa sampel mereka bukanlah seorang dokter maupun perawat karena mereka nyaris tidak pernah bertemu.

Pada pagi hari ketika shift malamnya berakhir, ATLM perempuan tersebut pun pulang. Ketika di lift, dia berpapasan dengan seorang anak kecil yang menjadi pasien di rumah sakit ditemani oleh ibunya. Mereka tidak menyadari kalau yang sedang berdiri di samping mereka adalah orang yang bekerja sepanjang malam di laboratorium, orang yang punya peran dalam menentukan kesembuhan selain dokter dan perawat.

Pesan yang ingin disampaikan CSMLS dalam video tersebut adalah bahwa ATLM ada untuk masyarakat. Selain dokter, perawat, bidan, ada juga loh profesi lain yang perannya juga sangat penting. Namanya Teknologi Laboratorium Medik, ingat ya Teknologi Laboratorium Medik.

Berikut video lengkapnya...


Sumber : http://www.csmls.org/Events/National-Medical-Laboratory-Week.aspx

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.